6 Langkah Mudah Membuat Membuat Instagram Ads
siMark.id | 25 Nov 2021 01:40

Bagikan ke

siMark.id - Instagram menjadi platform media sosial yang sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang di seluruh dunia. Sekarang sudah mencapai 1 miliyar lebih penggunanya. Data ini bagi para pebisnis online menjadi peluang besar yang menguntungkan untuk memasarkan produk/jasa mereka untuk dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang potensial. Dengan menyadari adanya peluang komersil yang bisa diperoleh tersebut, IG kemudian meluncurkan fitur terbaru yaitu Instagram Ads di bulan Oktober 2013. Tanpa membutuhkan waktu panjang, fitur ini segera dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai bagian dari strategi social media marketingnya. 4 tahun setelah Instagram Ads rilis ke pasaran, tepatnya di bulan Maret 2017, IG kini sudah memiliki 1 juta lebih pengiklan aktif.

Baca juga : Bingung Membuat Judul Artikel? Baca Ini!

Cara Membuat Instagram Ads

Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat Instagram Ads untuk mempromosikan produk. Namun, sebelum itu pastikan Anda menggunakan Instagram Bisnis supaya proses pengelolaan iklan jadi lebih mudah.

1. Masuk ke Facebook Ads Manager

 

Karena tidak memiliki fitur pengaturan iklan dan berada di bawah naungan Facebook, Instagram ads hanya dapat dibuat di sana. Nah, untuk dapat membuat Instagram ads, kamu perlu masuk ke halaman Facebook Ads Manager.

Facebook Ads Manager ini tidak dapat dibuka oleh akun personal. Mereka hanya dapat dibuka oleh akun-akun tertentu, seperti organisasi atau perusahaan.

Oleh karena itu, sebelumnya, pastikan untuk membuat akun perusahaan sebelum membuat Instagram ads.

2. Atur tujuan promosi

 

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah mengatur tujuan produk atau layanan kamu dipromosikan.

Facebook telah membaginya ke dalam beberapa kategori, seperti meningkatkan pengetahuan akan produk atau layanan hingga menambah interaksi.

Dari sekian kategori, reach menjadi salah satu kategori yang paling banyak digunakan. Di kategori ini, pengiklan dapat memaksimalkan orang yang dapat melihat iklannya.  

3. Melakukan konfigurasi audiens

 

Setelah memilih tujuan, kamu perlu menargetkan audiens yang tepat untuk membuat promosi kamu berhasil. Facebook memiliki beberapa fitur yang dapat membantu kamu menemukan calon pembeli yang sesuai dengan demografis dan tujuan promosi.

Pada dasarnya, fitur ini akan berjalan apabila kamu sudah pernah melakukan ini sebelumnya. Namun, tenang saja, fitur ini juga dapat kamu buat dan bahkan dapat kembali mengaturnya apabila ada perubahan.

Baca juga : Rekomendasi Keyword Tools, Penasaran?

4. Menentukan tempat beriklan

 

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan di sini adalah menentukan penempatan iklan, karena kamu membuat Instagram feed, maka kamu harus memilih Instagram.

Jika kamu tidak melakukannya, maka Facebook akan langsung menempatkan iklan kamu di Facebook dan Instagram. Facebook memiliki cara tertentu untuk tempat beriklan.

Namun, mereka juga membebaskan pengiklan untuk menentukan tempat beriklan. Di sini, kamu dapat memilih Instagram sebagai tempat beriklan. Di sini juga kamu dapat memilih menaruh iklanmu di feed atau story.

5. Atur biaya dan jadwal tayang

 

Jika kamu telah terbiasa dengan cara kerja biaya iklan di Facebook dan platform digital lainnya, langkah ini seharusnya tidak terlalu susah. Jika tidak, cari tahu biaya dan waktu terbaik untuk memasarkan sebuah iklan lewat Instagram.

Nah, bagi kamu yang sama sekali tidak memahami ini, tidak perlu takut. Proses trial and error berlaku di sini. Keuntungan lainnya adalah Facebook menyediakan kesempatan bagi pengiklan yang ingin menghentikan iklannya apabila dirasa target yang diinginkan tidak tercapai.

6. Pilih medium beriklan

 

Nah, apabila kamu sudah memeriksa semuanya, maka kamu akan masuk ke halaman konfigurasi. Di halaman ini, kamu wajib memeriksa semua instruksi yang ditentukan karena akan langsung terlihat ke calon pembeli.

Ada beberapa persyaratan yang kamu perlu isi. Misalnya situs produk atau layanan kamu, hingga deskripsi yang ingin kamu tampilkan di sana.

Setelah mengisi semua persyaratan, lihat bagian ad preview di sebelah kanan layar. Di sana ada tombol yang akan mengarahkan kamu ke medium beriklan. 

Medium beriklan sebenarnya mengikuti tempat beriklan. Jika kamu tadi memilih Instagram Feed, maka akan muncul Instagram Feed. Namun demikian, kamu masih dapat melakukan perubahan dan konfigurasi ulang.

Sekian artikel tentang cara membuat instagram ads. Bila berkenan dan menyukai artikelnya bisa anda share ke banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar, terima kasih.

Baca juga : Apa Perbedaan SEO dan SEM?